Apa Itu Bounce Rate? Cara Menurunkan Bounce Rate Blog - Pengertian Rasio Pentalan

Bagi anda yang baru di dunia blogging pasti masih belum tahu istilah-istilah yang ada dalam dunia blogging. Entah itu pernah mendengarnya sedikit tahu atau baru tahu saat ini. Salah satu istilah dalam dunia blogging adalah bounce rate. Jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia maka bounce rate bisa berarti rasio pentalan atau persentase loncatan. Rate/pentalanapa? Pentalan pengunjung/visitor dengan page views.

Bounce rate adalah hasil bagi antara visitor dengan page views blog anda. Misalkan anda memiliki visitor 50 dengan page view 100 maka bounce rate blog anda adalah 50 : 100 = 0,50 (bentuk desimal) = 50% (bentuk persen). Bounce rate adalah rata-rata persentase antara tingkat kunjungan dengan page views dalam waktu tertentu.  

Semakin lama pengunjung berada di blog kita/semakin banyak pengunjung membuka halaman/artikel kita maka semakin bagus bounce rate blog kita.Selain itu bounce rate menjadi faktor dalam menentukan DA (Domain Authority dan PA (Page Authority) blog kita. Semakin kecil bounce rate maka bisa membuat DA PA kita naik.

Bounce Rate Yang Bagus

Bounce rate ini memiliki pengaruh besar untuk mengukur kualitas blog kita. Biasanya google akan meranking/menilai blog kita setiap 3 bulan,salah satu hal penting untuk penilaian adalah bounce rate. Bounce rate berupa persentase,lalu berapa persentase bounce rate yang bagus? Apakah semakin besar semakin bagus atau semakin kecil? Tentunya semakin sekidit semakin bagus. 

Mari menghitung lagi. Jika anda hanya mendapatkan 100 page views saat 50 visitor dan bounce ratenya 50% lalu bagaimana jika anda mendapatkan 200 page views untuk 50 visitor tentu saja bounce rate blog anda akan turun menjadi 25%. Berarti setiap pengunjung akan membuka 4 halaman menandakan bahwa pengunjung menyukai artikel anda maka dengan itulah menjadi patokan penilaian google.

Cara Menurunkan Bounce Rate Blog

Cara menurunkan bounce rate atau rasio pentalan dengan mudah dan cepat. Cuku dengan memasang widget related post dan popular post.Apa Itu Bounce Rate? Cara Menurunkan Bounce Rate Blog - Pengertian dan Mengurangi Rasio Pentalan

Karena bounce rate berkaitan dengan page views maka yang harus kita lakukan adalah bagaimana cara supaya pengunjung bisa membuka laman sebanyak-banyaknya. Bisa sebuah rujukan artikel yang sesuai dengan artikel yang sedang mereka baca atau cari. Atau juga bisa dengan melakukan cara berikut:

1. Memasang Widget Popular Post/Recent Post

Dengan memasang widget popular post.recent post maka pengunjung bisa tertarik untuk membaca artikel lain yang ada di blog anda. Dengan begitu maka bisa mengurangi bounce rate blog anda. Anda bisa memunculkan thumbnail di popular post agar pengunjung lebih tertarik untuk mengklik artikel lainnya. Baca juga : 5 Widget Popular Post Yang Keren Untuk Blogger

2. Menambahkan Link Artikel Rujukan

Link artikel rujukan contohnya seperti yang diatas. Namun perlu diperhatikan anda harus memberikan rujukan artikel yang relevan dan sesuai agar pengunjung mau untuk mengklik link tersebut. Jika link yang diberikan berbeda dengan isi artikel yang sedang dibahas maka visitor bisa saja enggan untuk mengklik linknya.

3. Memasang Widget Artikel Terkait

Widget artikel terkait ini memang berfungsi untuk meningkatkan page views blog kita dengan banyaknya page views maka bisa menurunkan bounce rate. Terlebih lagi ada fitur dari google adsense yang mirip seperti artikel terkait yaitu matched content/konten sesuai. Namun hanya publisher tertentu yang bisa memasang fitur/unit iklan ini. Baca juga : Cara Membuat Artikel Terkait/Related Post Keren

Nah itu dia cara mengurangi bouncer rate blog kita. Dengan menggunakan 3 cara tips diatas maka bisa membantu menurunkan rasio pentalan blog kita dengan begitu blog kita bisa mendapatkan ranking yang bagus dimata google.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Bounce Rate? Cara Menurunkan Bounce Rate Blog - Pengertian Rasio Pentalan"

Post a Comment