Ini Dia 3 Komponen yang Ada di Reksadana Saham dan Jenis Reksadana Lainnya

Investasi merupakan salah satu pilihan masyarakat di era millennial ini. Hal ini lantaran investasi bisa dijadikan sebagai tabungan yang menguntungkan jika dibanding Anda hanya menabung secara manual. Salah satu jenis investasi yang kini sedang banyak dilirik oleh masyarakat adalah reksadana. Banyak sekali jenis reksadana mulai dari reksadana saham, reksadana pasar uang dan masih banyak lagi yang bisa dijadikan pilihan dan disesuaikan dengan kebutuhan.


Sebelum melangkah lebih jauh lagi membahas tentang reksadana, ada baiknya jika Anda bisa mengetahui komponen yang ada pada reksadana, yaitu:

1. Aset

Reksadana sendiri hanya terdiri berupa aset lancar diantaranya adalah saham, obligasi, instrumen pasar uang hingga uang tunai. Apabila dibandingkan dengan perusahaan, maka perusahaan punya dua jenis aset yaitu aset lancar dan juga aset tidak lancar seperti bangunan hingga tanah. Reksadana bisa dibayangkan sebagai sebentuk perusahaan namun hanya berisi aset lancar sehingga sangat likuid.

2. Kewajiban dan ekuitas

Di sebuah laporan keuangan pada perusahaan, ekuitas dan kewajiban ada di posisi pasiva yang sama halnya dengan reksadana dimana pasiva adalah berasal dari dana investor yang 100% adalah ekuitas dan bukan hutang. Memang ada juga kewajiban pada reksadana, namun kewajibannya adalah berasal dari pajak atau utang piutang karena transaksi surat berharga.

3. Pendapatan dan biaya

Selanjutnya ada juga pendapatan dimana berasal dari keuntungan yang didapat dari hasil jual barang produksi. Untuk segi biaya adalah dana yang keluar dari proses produksi sampai penjualan produk tersebut. Pada reksadana sendiri, proses produksinya adalah berupa proses pemilihan dan pembelian aset sehingga pendapatan akan didapat dari aset itu sendiri. Sedangkan biaya yang timbul adalah dari biaya gaji sang manajer investasi.

Itulah sekilas terkait komponen pada investasi online jenis reksadana. Jenis reksadana yang beragam mulai dari reksadana saham, pasar uang dan lain sebagainya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Untuk lebih mudahnya lagi, kini sudah ada Trimegah Sekuritas yang siap membantu Anda untuk berinvestasi reksadana secara aman dan praktis.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Ini Dia 3 Komponen yang Ada di Reksadana Saham dan Jenis Reksadana Lainnya"